Jadi Karyawan di Startup VS Corporate

*Tulisan ini based on mimin’s experience malasbaca

bekerja dan merintis karir pastinya kita akan dihadapkan pada banyak perusahaan,baik itu startup ataupun korporasi yang sudah mapan dalam segalanya. Kedua perusahaan ini jelas jauh berbeda, mulai dari sistem kerja dan berbagai aturan lainnya yang diterapkan oleh keduanya.

Jika startup adalah perusahaan pemula yang sedang berupaya untuk bisa menjadi lebih besar, maka korporasi merupakan perusahaan besar yang telah mapan dan memiliki sistem serta berbagai aturan tersendiri yang dijalankan secara terstruktur. Memilih salah satu di antara kedua perusahaan ini, tentu membutuhkan pertimbangan yang matang. Maka dari itu kenali plus minus masing-masing perusahaan tersebut

  1. Budaya Kerja

    Startup memiliki sedikit karyawan mungkin kurang dari 50 karyawan saja, jelas lingkungan kerja startup akan lebih fleksibel dan bahkan terasa lebih hangat.Disini kita bisa dengan mudah mengenal antar karyawan satu dengan yang lainnya, bahkan meskipun baru masuk 1-2 hari kerja . Startup biasanya dipenuhi dengan anak-anak muda ataupun fresh graduate, sehingga kita akan banyak bekerja dengan orang-orang yang lebih muda atau seumuran. Dan jangan kaget jika kamu, menemui rekan kerja mu yang tidur di jam kerja . Kebetulan juga saya bekerja di salah satu startup dan bisa dibilang bekerja sebagai programmer superman,single fighter karena 1 orang bisa handle hingga beberapa project :v, minusnya disini management yang tidak jelas dan kurang tertata (karena keterbatasan resources mungkin), bisa-bisa kerja serabutan (out of scope dari kerja apa yang kita lamar) dan macam-macam .

    Sedangkan Korporasi umumnya merupakan perusahaan yang telah matang dan sudah lama berdiri, di dalamnya terdapat birokrasi dan hirarki sebagai budaya korporat. Di setiap struktur karyawan, terdapat beberapa batasan yang berpengaruh terhadap sikap dan perilaku, misalnya batasan antara bos dan bawahan, staff dan manager, junior dan senior, dan lain-lain. Budaya sopan, hormat, dan santun menjadi sebuah kebiasaan dan keseharian dalam bekerja.

  2. Jam kerja

    Poin paling utama antara beda kerja di startup dan korporasi adalah di waktu kerja. Korporasi biasanya memiliki aturan jam kerja yang baku dan mengikat sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Lalu jika ada karyawan yang datang terlambat, biasanya perusahaan akan melakukan pemotongan uang makan atau lainnya, tergantung kesepakatan perusahaan. Barulah jika ditemukan karyawan yang datang terlambat hingga melebihi batas, perusahaan akan melakukan pemotongan uang dari gaji pokok.kalau di perusahaan saya dulu ada SP (surat peringatan) 1,2 dan 3. Sistem kerja ini cocok bagi orang yang suka dengan teteraturan (ya kalau saya pribadi suka yang sedikit disiplin dan sudah teratur, mungkin karena latar belakang SMK saya dulu yang menjunjung tinggi kedisiplinan :v )

    Pada startup, jam kerja biasanya ditetapkan lebih longgar atau flexible. Fokus dari perusahaan rintisan ini lebih ke goal yang wajib diraih, bukan kepada aturan jam kerja. Selama pekerjaan terselesaikan, maka berapa lama jam kerja bukanlah hal masalah.pernah atau malah sering mimin meeting hingga larut malam dan saat itu meeting dengan pokok bahasan yang berat (disini mimin posisi sebagai seorang programmer) sehingga otak sudah tidak bisa menerima pokok bahasan saat itu karen kelelahan dari pagi – sore otak bekerja terus :v ditambah lagi belum makan dan ke-esokan harinya tepar :v

  3. Hak Karyawan Berupa Gaji, Bonus, dan Tunjangan

    di perusahaan korporasi jelas dengan ketetapan gaji,tunjangan,uang lembur dan bonus hingga kenaikan gaji.mimin pernah bekerja di salah satu korporasi di Yogyakarta, Saat karyawan mencapai target maka mendapatkan bonus besar sesuai dengan perhitungan dan aturan perusahaan. Jika nantinya Anda harus lembur dan pulang malam, maka kerja keras kita tersebut tetap akan dihargai berkat sistem uang lembur dari hitungan setiap jam, (disini saya ngga bisa jelaskan secara spesifik berapa nominalnya 😀 priv8 bruh).

    Berbeda dengan startup, di beberapa startup tak banyak memberikan bonus (kalau di tempat saya bekerja, tidak ada uang lembur,padahal beberapa karyawan bekerja sering diluar jam kerja atau bahkan melebihi jam kerja pada umumnya ) begitu pula dengan tunjangan beberapa startup yang masih belum memberikan tunjangan, seperti yang diberikan ke korporasi.

  4. Kesempatan Berkarir dan Belajar

    Startup, ya perusahaan ini sangat cocok bagi sobat malasbaca yang berniat untuk mengasah dan memperdalam skill kalian masing-masing.perusahaan ini memberikan kesempatan yang sangat luas untuk belajar banyak hal, bahkan diluar latar belakang pendidikanmu (bahkan bisa saja kamu tiba-tiba jadi OB atau tukang :v ). Startup hanya memiliki sedikit karyawan, sehingga semua karyawannya harus memiliki multitasking dengan berbagai jenis pekerjaan sekaligus.

    Korporasi , perusahaan yang telah stabil ini tentu akan memiliki jenjang karir yang jelas, meskipun ini adalah tantangan yang sulit. Namun di perusahaan besar, pekerjaan bisa saja hanya hal yang sama saja selama bertahun-tahun, sehingga kemampuan kita tidak akan berkembang dengan baik, meskipun kita memiliki banyak keahlian di dalam . (karena di korporasi sudah terstruktur dan scope-scope kerjanya sudah jelas , jadi kita mengerjakan bidang A ,ya A saja yang di ubek-ubek)

Belajar atau Berkarir?

Baik startup maupun korporasi, sama-sama memiliki sejumlah nilai lebih dan juga kekurangan. Jika ingin belajar dan menambah keahlian, tentu startup adalah pilihan yang paling tepat (namun menurut saya pribadi ada beberapa hal yang tidak bisa didapatkan di dunia kerja secara langsung, karena saya adalah seorang programmer, saya menilai memang untuk belajar “bidang” tersebut di dunia programming memang di bangku perkuliahan dan akan lebih sulit jika belajar otodidak). Namun jika ingin berkarir dan mendapatkan berbagai fasilitas yang “jelas” bagi masa depan, maka korporasi mungkin menjadi tempat yang lebih tepat. Lalu, maka yang menjadi pilihan kamu ???

Peace Out, terima kasih sudah berkunjung di blog kami, jangan lupa tinggalkan jejak komentar dan masukkanya , sekali lagi Terima Kasih ^_^

About Roby Firnando 3 Articles
a Computer Nerd , 0% Have Fun

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*