Cara Membuat VPS dengan Elastic Compute Service (ECS) di Alibaba Cloud

Cara Membuat VPS di Alibaba Cloud

Cara Membuat VPS dengan Elastic Compute Service (ECS) di Alibaba Cloud – Pada artikel sebelumnya kita sudah membahas Apa Itu Cloud Computing. Untuk melanjutkan pembelajaran mengenai Cloud Computing, kita akan membahas cara membuat VPS di salah satu layanan Cloud Computing. Layanan Cloud Computing yang akan kita gunakan adalah Alibaba Cloud.

Untuk yang belum membuat akun Alibaba Cloud, sebaiknya membuat dulu dan lakukan verifikasi pembayaran.

Untuk membuat VPS pada Alibaba Cloud, kita menggunakan produk yang bernama Elastic Compute Service atau di singkat ECS. Untuk selanjutnya kita akan sebut VPS dengan ECS saja :v oke.

Login Console Alibaba Cloud

Untuk membuat ECS silahkan login terlebih dahulu dengan mengakses https://account.alibabacloud.com/

Masuk ke Produk Elastic Compute Service

Masuk ke menu Product dan pilih Elastic Compute Service.

Masuk ke Produk Elastic Compute Service

Membuat Instance

Untuk membuat Instance, masuk ke menu Instances, pilih region Indonesia, kemudian klik Create Instance. Karena Kalian yang baru pertama kali akan membuat Instacne, maka tidak akan muncul apa-apa, beda dengan gambar dibawah, dikarenakan saya sudah pernah membuat :v .

Membuat Instance

Langakah 1 – Basic Configuration

Pada Bagian Basic Configuration, akan ada beberapa bagian-bagian.


Billing Method dan Region


Billing Method ada 2 pilihan, pertama Subscription dan Pay-As-You-Go. Subscription yang sesuai artinya berlangganan, adalah metode pembayaran yang akan dilakukan setiap bulan atau setiap tahun. Sedangkan Pay-As-You-Go adalah metode pembayaran yang dilakukan ketika kita menggunakanya atau dalam arti bayar sesuai yang anda pakai. Dalam hal ini Alibaba menghitung penagihan dalam setiap jam.

Region adalah lokasi server yang dari Instance yang akan kita buat. Sudah jelas pada kali ini, saya orang Indonesia dan menargetkan pengguna juga untuk orang Indonesia (tapi kali ini hanya untuk belajar si, wkwk..).

Billing Method dan Region

Instance Type

Instance Type adalah spesifikasi dari instance yang akan kita buat.
Untuk tahap belajar, sesuaikan spesifikasi yang rendah saja, tapi jangan rendahan banget :v .

Instance Type

Image dan Storage

Image, kita akan memilih sistem operasi apa yang akan kita install di VPS/ECS kita. Pada contoh ini, saya akan menggunakan Public Image dengan sistem operasi Ubuntu dengan versi 16.04.

Storage, kita akan menentukan berapa ukuran disk yang akan kita gunakan. Ada 2 jenis Storage, yaitu System Disk dan Data Disk. System Disk bersifat wajib karena digunakan untuk menyimpan data sistem. Sedangkan Data Disk bersifat opsional, karena digunakan untuk menyimpan data tambahan dan bisa di tambah sampai 16 biji Data Disk.

Image dan Storage

Langkah 2 – Networking Configuration

Network Type dan Network Billing Method

Network Type kita biarkan saja secara default.

Network Billing Method adalah cara pembayaran dari penggunaan bandwidth. dan akan muncul pengaturan kecepatan jaringan. Pada contoh ini, saya hanya menggunakan 25MB dikarenakan tidak butuh terlalu kencang juga.

Network Type dan Network Billing Method

Security Grop dan Elastic Network Interface

Untuk bagian ini, kita biarkan secara default saja.

Security Grop dan Elastic Network Interface

Langakah 3 – System Configuration

Pada System Configuration terdapat pengaturan untuk melakukan konfigurasi sistem operasi yang akan kita instal. Terdapat 3 cara unuk login, pada contoh kali ini, saya menggunakan Password.

Untuk Instance Name, Description, dan Host, silahkan isi sesuai dengan kebutuhan.

System Configuration

Langakh 4 – Grouping & Preview

Grouping, tidak perlu saya jelaskan, tapi intinya bagian ini hanya untuk mengelompokan instance yang kita buat. Ini hanya berguna ketika kita punya banyak instance.

Preview, hanya menampilkan seluruh konfigurasi kita dari awal.

Jika sudah yakin mengenai konfigurasi yang kita buat, selanjutnya klik Create Instance. Jika sudah, silahkan masuk ke halaman console dan akan muncul instance dengan status running seperti pada gambar di bawah.

Preview

Silahkan di cek dengan mengakses SSH.

Demikian artikel Cara Membuat VPS dengan Elastic Compute Service (ECS) di Alibaba Cloud. Jika ada pertanyaan atau kesalahan, Silahkan isi komentar dibawah. Terimakasih.

About Ryan Rizky Diantoro 9 Articles
IT Addict and Owner MalasBaca.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*